Sponsor

I Hope This Helps Y`All to Deal with Insecurities


Kemaren pas lagi insecure-insecure-nya, dan lagi overthinking soal masa depan, dll.gue ditampar keras banget ama reply salah satu mutual. 

“Jangan lupa minta tolong ke Allah. Taruh apa pun tujuanmu di dunia untuk ibadah kepada Allah. Jangan yang lain.”

Deg. Wow. That hits me hard af.

Sempet lupa sampe urusan dunia aja gue pikirin segitunya sampe gue was-was sendiri, lupa kalo ujung-ujungnya hidup kekal di akhirat.

But seriously, kalau kita mikir apa-apa tujuannya untuk Allah, hidup sedamai itu karena yakin hidup ini tinggal dijalanin sesuai scenario Allah. 

My mom once said:

“Kita tuh gapernah minta hidup di dunia. Hidup tuh kita tinggal jalaninkita cuma aktor, Allah udah ngatur segalanya. Tugas kita cuma ibadah karena tujuan kita diciptakan cuma itu kan?
Jadi, untuk apa was-was soal dunia? Serahin sama Allah; in syaa Allah hati tenang.”

وَمَا خَلَقْتُ ٱلْجِنَّ وَٱلْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

            “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.”

Dan gue pernah baca

“Allah tuh nulis jalan hidup kita indaah banget. Kebayang ga kalo kita yang nentuin jalan hidup kita? Pasti bakal indah kan karena ibu secinta itu ama kita?

Nah Allah mencintai hamba-Nya 70x lipat dari cinta ibu ke anaknya. Bayangin seindah apa hidup kita.”

Asli, makin banyak belajar agama, makin kenal Allah⸺makin jatuh cinta ama Islam. Secinta itu sampe gue bersyukur banget bisa dikasih kesempatan buat kuliah di tempat gue sekarang.

Soal insecure, jujur masih kambuh tiap hari. Tapi ga separah kemaren-kemaren hamdulillah.

Jangan mikir, “Ya Allah hidupku berat, masalahku besar sekali.”

Tapi bilang, “Wahai masalah, aku punya Allah yang Maha Besar.”

Allah ga akan ninggalin hamba-Nya. Yakin janji Allah 

إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا
                “Sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan.”

Kita ga pernah disuruh cari solusi sama Allah; Allah cuma bilang
فااستعينوا بالصبر و الصلاة
              “Mintalah pertolongan dengan sabar dan sholat.”

Jadi, kita cukup sabar dan perbanyak solat/amal, Allah yang akan kasih solusinya. Indah banget, kan?

Sedikit saran

“Ubah insecure jadi bersyukur”

Sebenarnya ini bagus emang kata-katanya, tapi kalau dibilang gitu ke orang yang insecurity-nya lagi kambuh di puncaknya, bukannya termotivasimalah jadi sebel.

Same thing yang bilang, “Makanya rajin ibadah, dll” ke orang lagi depresi akut sampe suicide.

Ga semua hal cocok.

Kalo ga pernah ngerasain depresi or insecure, ga akan bisa relate rasanya. 

Saran gue, kalo lagi ada yang gitu, janga disaranin macem-macem. Temenin aja ampe tenang, ampe dia mikir kalo dia masih dibutuhin. Sometimes all we need is just a good listener. Nothing more.

Share on Google Plus

About Lilaccountz

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar