Sponsor

Ustadz-ustadz Rekomendasi Aku

 

Berhubung banyak yang respon positif soal ini, aku mau share list ustadz-ustadz yang suka aku dengerin ceramahnya, karena enak dan ga ngebosenin menurutku. Perlu diingat, ustadz-ustadz ini juga manusia. Ada kelebihan+kekurangan. Jangan liat jelek-jeleknya aja, dan bikin kita anti ama beliau, ok?

Ini menurutku pribadi ya, ga berart yang ga ada di list ini ga enak, atau ngebosenin. Kalian bisa tambahin ustadz-ustadz yang belum kusebut di sini di kolom komentar. Ustadz-ustadz ini juga ga perfect, just human like us. Berbuat salah itu wajar. Karena itu, jangan sampai menghujat mereka, ok?

1. Ustadz Adi Hidayat

Ustadz ini ga asing sama sekali, kan? Ini menurutku salah satu ustadz terjenius di Indonesia. Ceramahnya ringan, tapi berbobot. Beliau paling tau soal sejarah Islam di Indo dari awal. Speechless sama pinternya :)

2. Ustadz Salim A. Fillah

Ustadz ini enak banget buat didengerin ceramahnya. Buku-bukunya juga enak dibaca untuk kita yang masih muda. Mungkin karena beliau juga termasuk muda ya, kelahiran 1984. Kadang juga pelan, tapi JLEB ceramahnya.

3. Ustadz Hanan Attaki

Ustadz ini suka pake bahasa-bahasa gaul & istilah-istilah yang suka kita pake. Bikin permisalannya juga enak, gampang dipahami juga even kita ga ngerti-ngerti banget soal agama. Even banyak yang menganggap permisalannya ini ‘salah’ tapi menurutku kalau diliat dari perspektif lain, it’s good.

4. Ustadz Khalid Basalamah

Ustadz Khalid mah 11 122 ama ustadz Adi lah famous-nya. Udah ga asing ama kita, sering berseliweran di sosmed. Beliau ga se-santai ustadz Hanan, tapi tetap enak kok buat didengerin!

5. Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Ustadz ini yaampooonn, salah satu ustadz yang suka banget bahas tentang membela hak-hak kita, ibu-bu mayoritas paling demen ama ustadz satu ini karena ngerti cewe banget:) Kalo kalian udah nonton beberapa ceramahnya, pasti greget deh.

Lagi-lagi mau ngingetin dulu, ini opini gue pribadi, dan ustadz-ustadz ini punya kesalahan dan kelebihan. Tapi, jangan fokus ke kesalahannya. Yang penting ilmu-ilmu baiknya bisa kita ambil. Ga ada niat untuk menganggap: Selain ustadz-ustadz ini, berarti ga enak or hal-hal negative lainnya. Murni share aja.

6. Ustadz Firanda

Ini ustadz masya Allah juga pintarnya. Sampe diminta jadi pengisi materi tetap di Masjid Nabawi. Pernah jadi mahasiswa UGM, kemudian lanjut sampe lulus S3 di Univ Islam Madinah predikat Summa Cumlaude. Ga ngerti lagi pinternya kaya apa ampe IPK-nya 4.0 di sana.

7. dr. Zaidul Akbar

Ini ustadz sekaligus dokter. Biar pada tau kalo ceramah ga cuma isinya tentang neraka-surga kayak yang dibilang akun ‘ributfess.’ Suka bercanda, KOCAK deh.

Beberapa dar ustadz di list ini, kalau kalian search di Google, ada yang terdaftar sebagai TUJUH PULUH ustadz yang harus diwaspadai menurut MUI. Jangan khawatir, itu hoaks ya. Udah dibantah sama MUI-nya sendiri. Biasalah, fitnah akhir zaman, hasil kelakuan oknum-oknum.

Source via: Twitter.com/lilaccountz

Yang kocak, beberapa ustadz ini, anaknya adalah temen gue sendiri⸺satu sekolah malah. Jadi, gue kenal banget bapaknya, baik-baik banget asli. Ga ada tuh seperti yang dibilang orang-orang: EKSTREM, dll.

So, intinya jangan mudah terpengaruh sama internet. Semua mudah diedit, dipotong-potong ceramahnya jadi bikin jelek.

8. Ustadz Nurul Dzikri


Pembawaan ustadz ini adem, santai, enak untuk dipahami juga.

9. Ustadz Evie Effendi


ASLINAAA INI MAH URANG SUNDA PISAN. Bahasanya kocak parah, ngakak mulu kalo gue nonton. Rada tengil gitu gaya bicaranya, tapi SERUUU. Dulu beliau anak geng motor Bandung⸺sekarang jadi ustadz. Anak muda pada auto suka deh yakin :)

Kalau ada waktu luang, sempetin datang langsung ke kajian ustadz masing-masing ya! Kalo memugkinkan waktu dan tempat kalian. Setidaknya, kalo ada hal-hal di internet yang udah diedit jadi menjelekkan nama ustadznya, kalian ga gampang terpengaruh :)

10. Ustadz Abdul Somad


Share on Google Plus

About Lilaccountz

    Blogger Comment
    Facebook Comment

11 komentar:

  1. Masyaallah. Miw aku baca blog kamu. Urutan Ustadz favorit kita sama beberapa. Mudah-mudahan kita bisa berteman untuk saling support dalam dakwah (@irmdhanil)

    BalasHapus
  2. owalaah yang jadi idola seperti mereka2 toh? pantes si,

    BalasHapus
  3. Gus Baha', Gus Muwafiq, Gus Miftah, KH Anwar Zahid,

    BalasHapus
  4. Ustadz evi.. Lucu klw baca qur'an dan ngaji tafsir he

    BalasHapus
  5. Tambahin list:

    Yaitu Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas, karena beliau Ustadz Salafi Terbesar di Indonesia

    1. Ustadz FIRANDA menyuruh jamaahnya untuk belajar kepada Ustadz Yazid Jawas

    2. Ustadz SYAFIQ menyuruh jamaahnya untuk belajar kepada Ustadz Yazid Jawas

    3. Ustadz KHALID menyebut Ustadz Yazid Jawas sebagai ULAMA

    4. Ustadz NUZUL DZIKRI menyebut bahwa keilmuan Ustadz Yazid diakui oleh Masyaikh Kibar

    5. Hobi Baca buku bisa seharian

    6. Syaikh Masyhur Hasan Salman Ulama Besar Yordania/Murid Syaikh Al Albani terbesar ketiga, menyuruh orang Indonesia belajar kepada Ustadz Yazid

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aqidah perlu diperhatikan, mencoba untuk objektif bandingkan satu tokoh dengan tokoh lain, bagaimana dalil dan pola pikirannya.
      Cobalah dengar juga Gus Baha, KH Idrus Ramli, KH. Marzuki, KH. Agoes Ali Masyhuri, Buya Yahya, Habib Mundzir dan masih banyak lagi ulama ulama aswaja lain. Mereka mempunyai ilmu yang tak diragukan lagi. Jangan hanya terlena dengan bahasa ceramah, yang disampaikan benar atau tidaknya perlu tabayun.

      Hapus
    2. Termasuk Ustadz yang keras dalam masalah aqidah dan pasal halal haram,jarang bgt yg kayak beliau👍👍
      Jaman sekarang orang menganggap aqidah hal yg bisa disepelekan begitu aja

      Hapus