Sponsor

Rekomendasi Pesantren Sunnah di Indonesia

Berhubung pernah ada yang nanya dan request bikin rekomen pesantren buat anaknya, jadi kubuat di sini. Ini menurut opini pribadiku ya, jangan dianggep kalau yang ga masuk daftar ga bagus.

Aku ngasih info selewat aja. Detailnya bisa cek Google or web masing-masing. Here we go:

1. Al-Irsyad Tengaran

Ini udah sangat-sangat terkenal. Pesantren lama banget, tapi masyaa Allah alumninya rata-rata kuliahnya di Saudi or negara-negara Arab lainnya. Hafalan Al-Qur’annya bagus, Bahasa Arab juga bagus. Rata-rata ustadz-ustadz terkenal juga lulusan sini. Tapi ini khusus cowo. Recommended.

2. Ibnu Taimiyyah Bogor

Adeknya temen gue sekolah di sini, ini untuk cewe-cowo⸺sama kayak Al-Irsyad, ini jenjag SMP-SMA dan lebih fokus ke pelajaran agama. Khusus yatim gratis biayanya dari masuk sampe keluar.

Tahfidznya bagus, enak juga udaranya di sini masih dingin

3. Al-Wafi

Masih di bogor, cuma bogor bawah bukan atas wkwk. Jenjang SMP-SMA. Gue pernah ke sini sama bokap⸺ke gedung pesantren cowonya, dari luar sempit keliatannya⸺tapi kalau udah masuk luas kok. Untuk cewe cowo⸺tahfidznya juga bagus, ilmu agama sama umumnya diseimbangkan di sini.

4. Al-Ma’tuq Sukabumi

Jenjang SMP-SMA. Untuk cewe cowo. Sama kaya ibnu Taimiyyah, khusus yatim bisa masuk sini dan gratis seluruh biayanya. Seperti pesantren pada umumnya, ilmu agama dan tahfidznya bagus karena fokus mereka memang ilmu agama.

Recommended.

5. Imam Bukhari Solo

Ini mantep dah. Temen-temen gue banyak lulusan sini. Bahasa Arabnya joss maa syaa Allah. Tahfdz (hafalan qur’annya) juga bagus banget. Rata-rata lulusan SMA sini hafalnnya banyak-banyak sekitar 20-30 juz.

Jenjang SD-SMA. Untuk cewe-cowo (ada sekolah tingginya)

6. Abu Hurairah Mataram

Nah ini buat orang-orang Lombok  dan sekitarnya, bagus nih. Temen kampusku ada yang lulusan sii. Maa syaa Allah hafalan qur’annya bagus banget, bahasa Arabnya cas cis cus lancer bener kek Shinkasen.

Untuk cowo-cewe. Jenjang SD-SMA⸺recommended.

7. FIWA Bogor

Ini juga bagus nih, sama kaya Alwafi & Albinaa. Dari segi biaya sekitar 40-an juta untuk masuknya, dan segi ilmunya yang fokus ke dua arah, ilmu agama sama ilmu umumnya⸺juga segi fasilitasnya yang tiap ruangan ber-AC dan lengkap banget.

Untuk cewe-cowo, jenjang SMP-SMA

8. Albinaa Bekasi

Ini daerah Bekasi Pebayuran. Dia ga fokus di agama, lebih ke menyeimbangkan agama sama umumnya. Di bawah diknas bukan depag, makanya UN-nya barengan kek SMA Negeri, ga kayak pesantren lain yang biasanya ikut paket C. Karena fokusnya ke dua arah⸺(ilmu agama & ilmu umum ex mtk dll) jadi hafalan qur’annya ga begitu difokusin. Target setaun cuma satu juz. Tapi kalau ada yang mau lebih, bisa ikut ekskul khusus tahfidznya, nanti kalau selesai 30 juz bakal ada wisuda kelulusan.

Bahasa Arabnya biasa aja, tapi bahasa Inggrisnya bagus. Cek web-nya ok?

By the way ini gue rekomen pesantren untuk SMP SMA aja ya, ga lebih dari itu.

Dan yang gue tau aja karena gue rekomendasi berdasarkan cerita pribadi temen-temen gue yang lulusan sana or yang keluarganya ada hubungannya sama pesantren itu. Jadi, maaf kalau ada yang ga dimasukin. Gue ga berani kalau gue ga tau.

Share on Google Plus

About Lilaccountz

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar